counter create hit
BooksDefense and SecurityEducationFlightLifeMemoriesPSAPISocialStory

Chappy Hakim meluncurkan 4 buah buku di ulang tahunnya ke-74

Ritual Launching Buku pada tanggal 17 Desember

Chappy Hakim berbahagia telah meluncurkan 4 buah buku pada Jumat pagi 17 Desember 2021 dengan mengundang antara lain Ir. Budi Karya Sumadi – Menteri Perhubungan RI, Tri Agung Kristanto – Wapemred Kompas, Guntur Soekarnoputro – Putra Sulung  Presiden Proklamator R.I , Ir.Soekarno, Suryopratomo – Dubes RI untuk Singapura, Dr. Muhammad Faisal – Youth Researcher dan Penulis, Dr. (H.C) Sustl Pudjiastuti – Menteri Kelautan dan Perikanan RI (2014-2019), Jenderal TNI (Purn) Prof. Dr. Ir. A.M Hendropriyono – Kepala BIN (2001-2004), acara tersebut berlangsung dengan aman dan lancar via zoom dengan Moderator Tascha Lludmila, News Anchor TV Berita Satu.

Dalam acara tersebut Bapak Ir. Budi Karya menyampaikan, buku-buku tersebut merupakan sebuah karya yang menarik dalam membangun Kedirgantaraan Nasional.

Guntur Soekarno putra sebagai pembahas memaparkan, secara garis besar dari isi buku tersebut. Sebagai pecinta dirgantara, Guntur berharap  Pusat Studi Air Power Indonesia atau PSAPI bisa menjadi jembatan penghubung ke pemerintah dalam menyampaikan ide-ide dan pendapat di bidang kedirgantaraan., karena kini sudah  tidak ada lagi lembaga kedirgantaraan dalam jajaran pemerintahan. Apa yang dilakukan oleh Pak Chappy dalam menulis merupakan suatu upaya yang baik, karena ide-ide yang tidak ditulis hanya akan lenyap terbang ke udara.   

Sementara itu Wapemred Kompas Tri Agung Kristanto menekankan bahwa tulisan-tulisan  Chappy Hakim  sangat besar manfaatnya bagi perkembangan kedirgantaraan Nasional. 

Di sisi lain, Suryopratomo sebagai Dubes RI untuk Singapura melihat buku-buku tulisan Chappy Hakim bisa menjadi bahan rujukan bagi pengembangan kedirgantaraan pada umumnya dan militer pada khususnya.  Pak Chappy memiliki kemampuan yang setara dengan seorang Doktor, dikarenakan beliau memiliki banyak pengalaman dan pengetahuan layaknya seorang guru di bidang kedirgantaraan.

Berikutnya, Dr. Muhammad Faisal berpendapat, masa-masa ini generasi muda sangat sulit untuk bisa mendengarkan dirinya sendiri, berbeda dengan Pak Chappy yang meskipun  sudah pensiun, beliau masih bisa, mau dan mampu melahirkan karya-karya tulisan di bidang Kedirgantaraan.

Dalam acara zoom tersebut Ibu Susi Pudjiastuti mengatakan meskipun sudah lama pensiun, Chappy Hakim  masih terlihat energik dalam berkreatifitas yang dapat dilihat dari karya-karya tulis beliau yang banyak sekali.   Susi berharap agar Pak Chappy tidak berhenti  berkreatifitas dalam memajukan kedirgantaraan nasional khususnya dibidang penerbangan.

Chappy Hakim

17 Desember 2021

Pusat Studi Air Power Indonesia

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Check Also
Close
Back to top button