counter create hit
ArticleBooksDefense and SecuritySumbang Buku

Buku Buku Kedirgantaraan untuk TNI Angkatan Laut

Tadi pagi hari Senin 6 Juni 2022, Chappy Hakim ketua Pusat Studi Air Power Indonesia diterima oleh Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Yudo Margono di Wisma Elang Laut Jalan Diponegoro Jakarta Pusat. Pada pertemuan tersebut Chappy Hakim (Marsekal Purn. KSAU tahun 2002 – 2005) menyerahkan 50 buku tulisan beliau mengenai kedirgantaraan untuk menambah perbendaharaan buku buku perpustakaan TNI Ankatan Laut.

 Dalam kesempatan itu KSAL didampingi antara lain oleh Mayor Jenderal Widodo Dwi Putranto Komandan Korps Marinir, Laksamana Muda Abdul Rasyid Kacong, Asrena KSAL dan Kadisjarah TNI AL Laksamana Pertama TNI Supardi. Pertemuan berlangsung hangat dan penuh persahabatan antara senior dengan para yuniornya. Beberapa topik penting yang dibicarakan antara lain mengenai tugas-tugas Angkatan Laut sebagai bagian integral TNI sebagai sebuah Angkatan Perang Republik Indonesia yang bersama sama Angkatan Darat dan Angkatan Udara bertugas menjaga kedaulatan dan kehormatan serta martabat bangsa.

Secara sekilas didiskusikan tugas tugas TNI dalam mengamankan wilayah perbatasan negara berkait dengan perkembangan lingkungan strategis dewasa ini. KSAL dalam pembicaraan yang santai tersebut menjelaskan tentang tantangan kedepan yang dihadapi TNI AL seperti juga di AD dan AU dalam hal menyiapkan sdm menghadapi perkembangan keadaan serta kemajuan teknologi yang sangat cepat belakangan ini. Secara khusus Angkatan Laut Republik Indonesia memang mengemban tugas yang tidak ringan dalam mengamankan wilayah perairan Indonesia yang sangat luas. Termasuk didalamnya gelar kekuatan yang dibutuhkan untuk mengawal keamanan laut sepanjang ALKI (Alur Laut Kepulauan Indonesia) disamping wilayah perbatasan rawan lainnya seperti kawasan selat Malaka dan kepulauan Riau serta Natuna.

 Pertemuan diakhiri dengan tukar menukar cendera mata dan penyerahan secara simbolik 50 buku kedirgantaraan untuk perpustakaan TNI AL. Sebagai kenang kenangan, khusus untuk KSAL Laksamana Yudo Margono dipersembahkan sebuah buku tulisan Chappy Hakim di tahun 2011 yang berjudul “Pertahanan Indonesia – Angkatan Perang Negara Kepulauan”. KSAL menyerahkan plaket dan minatur ponyard (pedang kecil) kebanggaan Angkatan Laut.

Jakarta 6 Juni 2022

Chappy Hakim – Pusat Studi Air Power Indonesia

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Check Also
Close
Back to top button