web stats
ArticleAviationEducationFlightPSAPI

Berbagi di Akademi Penerbang Indonesia Banyuwangi

 

Hari Selasa tanggal 14 Juni 2022, Chappy Hakim selaku Ketua Pusat Studi Air Power Indonesia (PSAPI) memenuhi undangan API – Akademi Penerbang Indonesia di Banyuwangi untuk memberikan kuliah umum pembekalan Taruna tentang Leadership. Dalam kesempatan tersebut KSAU tahun 2002 – 2005 itu melanjutkan safari menyumbang buku buku kedirgantaraan tulisan beliau untuk melengkapi Perpustakaan API Banyuwangi dan juga bagi perpustakaan Politeknik Penerbangan Surabaya. Secara simbolik sumbangan buku buku tersebut diterima langsung oleh Direktur API Banyuwangi Capt. Ahmad Hariri Zulda.

Sedikit tentang Akademi Penerbang Indonesia Banyuwangi disingkat API Banyuwangi atau lebih dikenal sebagai Sekolah Pilot Banyuwangi adalah merupakan salah satu perguruan tinggi kedinasan yang berada di bawah naungan atau pengelolaan SDM Kementerian Perhubungan Indonesia. API Banyuwangi terletak di Banyuwangi International Airport, Kecamatan Rogojampi, Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur. Salah satu kegiatan yang tengah menggebu-gebu dilaksanakan oleh API Banyuwangi adalah upaya mengembangkan penggunaan SeaPlane bagi pariwisata Indonesia khususnya wisata air atau Underwater Diving . Menjadi catatan khusus, Capt. Ahmad Hariri Zulda, Direktur API Banyuwangi menjelaskan bahwa API Banyuwangi adalah penyelenggara pertama dan satu satunya di Indonesia untuk pelatihan Pilot Sea Class Rating. Sea Class Rating dalam hal ini maksudnya adalah melatih Pilot untuk mahir menerbangkan Amphibious Aircraft atau SeaPlane. Hal ini dimungkinkan karena tidak jauh dari Banyuwangi Pilot School sudah tersedia Pangkalan Udara perairan atau Water Aerodrome yang merupakan salah satu fasilitas Latihan yang ideal bagi para Pilot khususnya Pilot SeaPlane.

Pada kesempatan sebelum kuliah umum dilaksanakan, API Banyuwangi menyelenggarakan tapping PodCast yang mengangkat tentang SeaPlane. PodCast melibatkan Chappy Hakim, Kepala Badan Kebijakan Transportasi Dr.Umar Aris, SH.MH dan Kepala Pusat Litbang Transportasi Udara Capt.Novyanto Widadi, yang dipandu oleh Host PodCast API Banyuwangi. Salah satu tujuan Podcast API Banyuwangi adalah turut serta dalam sosialisasi penggunaan SeaPlane dalam meningkatkan program wisata air di Indonesia.

Sementara itu, Kuliah Umum atau Ceramah Leadership yang disampaikan oleh Chappy Hakim berlangsung di Ruang Serbaguna API Banyuwangi. Ketua PSAPI dalam kesempatan tersebut didampingi oleh Staff Khusus Rachmat Kartakusuma dan Ahmad Fauzi. Ceramah diikuti oleh para Taruna dan Taruni API dan para pengasuh serta Instruktur secara tatap muka dan juga virtual. Sesi kuliah umum dibuka dengan Keynote Speaker Kepala Badan Pengembangan SDM Kementrian Perhubungan Republik Indonesia Dr.Ir. Djoko Sasono,MSc,(Eng) serta kata pengantar disampaikan oleh Direktur API Banyuwangi Capt. Ahmad Hariri Zulda. Kuliah umum tentang leadership yang disampaikan dengan sangat menarik perhatian itu banyak menekankan tentang personal credibility dan moral kepribadian serta semangat pengabdian dalam mengemban tugas tugas negara. Materi paparan juga telah menjadi perhatian serius dari seluruh civitas academica API Banyuwangi.

Pada akhir Kuliah Umum Kepala Badan Kebijakan Transportasi Dr.Umar Aris, SH.MH menyampaikan sambutan penutup dan ucapan terimakasih. Beliau hadir bersama Kepala Pusat Litbang Transportasi Udara Capt.Novyanto Widadi, SAP.,MM. Acara diakhiri dengan pemberian tanda mata dari API Banyuwangi untuk penceramah dalam hal ini Marsekal Purn.Chappy Hakim yaitu berupa miniatur SeaPlane berlogo API Banyuwangi.

Jakarta 15 Juni 2022

Chappy Hakim – Pusat Studi Air Power Indonesia

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button