counter create hit
ArticleDefense and SecurityEducation

Buku buku untuk Sekolah Pascasarjana Program Studi Ketahanan Nasional UGM

          Tidak banyak Lembaga Pendidikan Tinggi setingkat Universitas atau Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan Sekolah Pascasarjana dengan Program Studi khusus menyangkut Pertahanan Keamanan Negara.   Satu diantara yang sedikit itu adalah Universitas Gajah Mada atau UGM.   Program  Studi  Ketahanan  Nasional  yang berada di bawah naungan Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada, ternyata sudah dimulai sejak tahun 1989.   Program studi ini menyelenggarakan pendidikan jenjang Strata Dua (S2) dan merupakan hasil dari kerjasama Lemhannas R.I., Dephan R.I. dan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.    Hal itu dituangkan  kemudian dalam keputusan bersama antara Menteri Pertahanan  Keamanan Republik Indonesia  dengan  Menteri  Pendidikan  dan  Kebudayaan  Republik  Indonesia, Nomor: KEP/01/II/1998  dan Nomor : 046 /U/1998 tanggal 27 Februari 1998.  Selanjutnya mengacu kepada Surat Keputusan Rektor UGM Nomor: 89/P/SK/HT/2006 tentang Penyelenggaraan Program Pascasarjana maka Program Studi (Prodi) Ketahanan Nasional ditetapkan sebagai Program Pascasarjana Multidisiplin.   Prodi Ketahanan Nasional UGM saat ini dipimpin oleh Prof.Dr. Armaidy Armawi, M.Si.

         Beberapa waktu belakangan ini saya kerap berinteraksi intensif dengan Dr. Nasir Tamara Ketum Satupena dalam upaya mencoba bekerjasama untuk terus mengembangkan kegiatan literasi ditengah melandanya wabah pandemic covid 19.  Disitulah kemudian terungkap bahwa Dr. Nasir Tamara sebagai salah satu dosen tenaga pengajar di UGM kerap menggunakan beberapa buku saya sebagai salah satu referensi dalam menyampaikan ajaran mata kuliah berkait dengan Ketahanan Nasional.   Mendengar hal tersebut saya serta merta kemudian memberikan tambahan beberapa buku saya yang “baru” sekedar tambahan rujukan beliau sebagai tenaga pengajar.   Lebih jauh Dr.Nasir Tamara menjelaskan kepada saya mengenai keberadaan dari Sekolah Pascasarjana Program Studi Ketahanan Nasional UGM.   Demikianlah, maka atas kesepakatan bersama saya menyumbangkan lagi lebih kurang 20 buku tulisan saya untuk menambah koleksi yang telah dimiliki Perpustakaan Prodi Ketahanan Nasional UGM.   Berkait dengan keterbatasan ditengah pandemic covid 19 dengan standar protokol kesehatan yang berlaku, maka penyerahan buku buku tersebut tidak dapat dilakukan secara tatap muka.   Atas bantuan dan jasa baik Dr. Nasir Tamara, akhirnya pada minggu lalu buku buku saya telah dapat diterima langsung oleh pimpinan Prodi Ketahanan Nasional UGM Prof. Dr. Armaidy Armawi, M.Si.   Mudah mudahan bermanfaat.

          Sebenarnya , sebelum pandemic covid 19 saya telah merencanakan untuk menyerahkan buku buku saya ke UGM dalam hal ini perpustakaan Fakultas Hukum nya, namun tertunda.   Sebagai praktisi di bidang kedirgantaraan saya memang telah memberikan buku buku tulisan saya berkait dengan isu Defense dan Aviation dalam aspek pertahanan keamanan negara kepada beberapa Fakultas Hukum perguruan tinggi negeri dan swasta.   Tidak ada tujuan apapun selain untuk sekedar berbagi pengalaman dan sedikit pengetahuan yang saya peroleh sepanjang bertugas puluhan tahun di Angkatan Udara.   Berbagi dalam aspek tanggung jawab moral pribadi terhadap program pendidikan khususnya dibidang kedirgantaraan.  Mudah mudahan dalam waktu yang tidak lama lagi, apabila pendemi covid 19 sudah mereda dan memungkinkan untuk bepergian ke Jogyakarta, saya akan berkunjung ke UGM.

       Terimakasih kepada Dr. Nasir Tamara dan juga Prof.Dr. Armaidy yang telah sudi menerima buku buku saya, semoga bermanfaat.   Saya juga telah menerima surat tanda terima dan ucapan terimakasih dari Prof.Dr. Armaidy Armawi M.Si.  Terimakasih Prof ! Selamat Bertugas dan Sukses Selalu. Salam Sehat.

Jakarta, Sabtu 5 Juni 2021

Chappy Hakim

Pusat Studi Air Power Indonesia.

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Check Also
Close
Back to top button