Article

Leadership (3)

Dalam kepemimpinan orang mengenal terminologi “strong leader”.  Apakah Strong leader itu ?   Banyak pengertian yang menguraikan tentang arti atau maksud dari istilah “strong leader”. Sebenarnya yang sering dimaksudkan orang dengan strong leader adalah tiada lain dari  “effective leader”, kepemimpinan atau pemimpin yang efektif.

Untuk dapat menjalankan peran sebagai leader yang efektif, maka kita harus melihat terlebih dahulu apa yang menjadi “basic concept” dari pemimpin yang efektif .   Apabila diamati dengan hati-hati, maka untuk dapat menjadi pemimpin yang efektif, konsep dasar nya adalah :  Mission accomplishment dan care and support of the people. Kemampuan untuk dapat menyelesaikan dengan baik pelaksanaan tugas dan  kesanggupan dalam memberikan perhatian dan dorongan terhadap anak buah.

Kemampuan menyelesaikan tugas, tidaklah dapat diperoleh dengan “instant”. Kesanggupan seseorang melaksanakan tugas, lebih banyak ditentukan dari pengalaman yang diperolehnya, dibandingkan dari bekal teori yang dimilikinya.   Itu sebabnya kemampuan ini  tidak dapat dan mustahil untuk dapat diperoleh secara tiba-tiba.   Kemampuan ini lebih kepada ujud  kumpulan proses pengambilan keputusan yang penuh dengan  rangkaian “trial and error” atau “trial by error“.   Proses mencoba yang merupakan kumpulan dari  berbagai kesalahan besar dan kecil yang kemudian menjadi bekal untuk tidak lagi berbuat kesalahan.

Disinilah diperlukan adanya keberanian.   Keberanian untuk mengambil keputusan dan juga keberanian untuk bertindak.   Keberanian yang bukan merupakan ujung dari tindakan yang nekat, akan tetapi keberanian yang ditopang pengalaman yang matang.   Pengalaman antara lain dari  “kesalahan” yang diperbuat dan kemudian dievaluasi.

Trial by Error, telah menjadi satu metoda umum dari pelajaran “problem solving”, cara memecahkan persoalan, menyelesaikan masalah, dan kadang juga untuk membuktikan suatu teori dalam praktek di lapangan.   “Learning does not happen from  failure it self, but rather from analyzing the failure, making a change, and then trying again”.

Proses belajar disini, tidaklah hanya melihat kesalahan yang terjadi, akan tetapi juga dengan menganalisis kesalahan itu, buat perubahan dan penyesuaian serta coba kembali !    Itulah metoda Trial and error atau Trial by error yang  didalam Computer Science dikenal dengan generate and test atau dalam ilmu aljabar disebut sebagai “guess and check”.   Di Cranfield Institute of Technology , perguruan tinggi teknologi yang beken di Kerajaan Inggris Raya ,terkenal dengan motonya  yang berbunyi : “Test to Learn and Learn to Test” ! Itulah bekal untuk dapat berhasil.

Selanjutnya, tentang Care and support of the people, mengandung makna yang  sangat mendalam.   Seorang pemimpin tidak punya pilihan lain, selain dari memberikan perhatian yang seksama terhadap anak buahnya.   Mengetahui tidak saja kemampuan sang anak buah, akan tetapi juga mengerti dengan baik semua kelemahannya.   Kunci keberhasilan tugas, lebih banyak tergantung kepada kemampuan seorang pemimpin, akan tetapi kemampuan para anak buah dilapangan akan sangat jauh memberikan jaminan apakah tugas itu akan sukses atau tidak.

Itu sebabnya, maka selain perhatian kepada anak buah yang harus diutamakan dalam pelaksanaan satu misi yang diemban, dukungan moril terhadap anak buah tidak pula boleh dilupakan.   Dukungan moril dan membangkitkan motivasi haruslah menjadi bagian yang utuh dari perintah atasan kepada anak buahnya, bila menginginkan kesuksesan dalam rangkaian pelaksanaan tugas, dimanapun dan kapanpun.

Jadi care and support of the people sangatlah penting untuk dilakukan oleh seorang pemimpin.    Loyalitas anak buah hanya akan terbangun, bila sang pemimpin memberikan perhatian dan dukungan yang sepadan kepada anak buahnya.

Donald T Regan, Former CEO and White House chief of  Staff berkata :” You’ve got to give loyalty down, if you want loyalty up !

Khusus mengenai tugas.  Satu kata yang sangat sederhana dan dikenal dengan baik , dalam arti bukan sesuatu yang asing.   Akan tetapi banyak juga orang yang tidak memahami dengan baik apa makna dari kata tugas itu.

Tugas, seseorang, apakah pemimpin atau anak buah harus tahu benar akan tugas nya, dalam arti mengerti tentang tugasnya.   Mengerti apa yang harus dikerjakannya.   Mengerti kapan harus dikerjakannya.   Dan yang paling penting adalah  “tanpa harus diperintah” kan serta tanpa harus di “awasi”.

Itulah uraian tentang Pemimpin yang kuat atau pemimpin yang efektif.   The Strong leader atau The effective Leader. Yaitu pemimpin yang memiliki kemampuan dalam melaksanakan tugas dan juga mempunyai perhatian dan dukungan yang besar terhadap semua  anak buahnya.

Mudah-mudahan kita semua yang pasti adalah juga seorang pemimpin dalam bentuk dan skala nya masing-masing dapat berperan sebagai pemimpin yang efektif, pemimpin yang kuat !

Semoga !

Jakarta 15 Januari 2010

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.