web stats
OpinionPolitics

Pohon Beringin biasanya Angker !

beringin
Pohon Beringin

Perkembangan yang dapat ditangkap dari berbagai berita pagi ini adalah :   Masih belum ada kepastian, siapa yang akan duduk sebagai  “the second man”.   Ini adalah merupakan babakan yang cukup menarik di alam demokrasi Indonesia.   Bisa juga ya,  orang kedua menjadi begitu “penting” nya untuk terus menerus dibahas ?

Tentu saja, momentum dimana seorang “number one” ,  berada pada periode atau putaran masa jabatan kedua , yang akan segera berakhir kesempatannya untuk dapat maju lagi sesuai undang-undang, menjadikan “second man” pada posisi tidak saja “the second best” akan tetapi juga menjadi posisi yang “next to be”.  Ini lah yang mungkin juga akan berupa faktor “second” menjadi begitu “atractive”.

Ini lah perkembangan terakhir yang bisa diperoleh dari berbagai pemberitaan yang beredar di Ibukota  pagi hari ini :

Wakil Sekretaris Jenderal Partai Golkar, Rully Chairul Azwar memperingatkan partai beringin ini akan membentuk blok sendiri jika Yudhoyono menolak kandidat cawapres partai yang perolehan suaranya pada pemilu legislatif  2009 berada pada  posisi nomor 2 setelah Demokrat.

Menanggapi hal itu, pengamat politik Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Andi Syafrani, menilai , yang terjadi adalah : “hanya gertakan” agar partai Demokrat, terutama Yudhoyono, memperhatikan posisi tawar Partai Golkar.   Selanjutnya ia berkomentar lebih jauh sebagai :  “ancaman”  itu tidak akan berpengaruh apa-apa , karena posisi Partai Demokrat dan Yudhoyono dalam menghadapi Pilpres nanti sangat kuat.

Namun ada juga berita yang menarik tentang : Partai Golkar yang belum memutuskan secara gamblang soal koalisi.   Akan tetapi kecenderungannya adalah berkoalisi  dan merapat ke Partai Demokrat.

Sebagai partai yang dilahirkan oleh dan dari pusat kekuasaan, maka  “Merapat ke pihak yang sedang berkuasa “  sepertinya merupakan sikap yang sangat “tradisional” dari orang-orang yang berada di pohon Beringin.Yang pasti, mereka  tidak “familiar” untuk berseberangan dengan pusat kekuasaan.Katanya sih, “kekuasaan” itu memang “nikmat“, ya apa boleh buat ?!

Bagi orang awam , pohon beringin itu biasanya kan “angker”.  Nggak tau Beringin yang satu ini !

Related Articles

4 Comments

  1. Selamat Siang Pak Chappy, saya Galuh Wijayakusuma dari Learning Center TransTV, ingin mengundang Bapak sebagai pembicara di acara Internal karyawan, “Leadership Clinic” yang berdurasi lebih kurang 2 jam. Clinic ini adalah sebuah agenda rutin internal kami di TransTV yang pesertanya adalah level Supervisor keatas yang bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan dari expertise/praktisi, pengusaha yang sukses dibidangnya.
    Jadwal biasanya kami adakan pada hari Jum’at pukul 15.00 s/d 17.00 di gedung TransTV, Mampang Jakarta Selatan.

    Apabila Bapak berkenan maka kami akan agendakan jadwal untuk Bapak pada bulan Juni bulan depan atau disesuaikan dengan jadwal dari Bapak dengan Title “Kepemimpinan di tengah krisis”

    Demikian disampaikan mohon maaf apabila kurang berkenan.

  2. Galuh,
    Saya bersedia, atur saja waktunya.
    Bila dibutuhkan saya juga ingin memberikan ceramah tentang pengetahuan umum penerbangan bagi para wartawan. Sehingga bila ada berita tentang pesawat terbang mereka dapat menurunkan berita yang berkualitass ! Terimakasih, Salam, CH.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button