Life

10 Gejala menunjukkan ketuaan !

Banyak tulisan tentang bagaimana orang Jepang dapat berumur panjang. Antara lain disebutkan bahwa , karena orang Jepang gemar dan hanya menyenangi makan ikan laut. Tidak itu saja, tetapi memakannya tanpa dimasak. Kita mengenal tentang bagaimana menu orang Jepang di restaurant-restaurant Jepang dimana saja diseluruh dunia.

Teman saya, mendengar cerita dari seorang sinshe di Pluit, bahwa disatu desa dipegunungan Himalaya terdapat suku bangsa yang rata-rata umurnya 125 tahun. Sinshe itu mengatakan bahwa beberapa penyebabnya adalah, memang umur manusia sebenarnya adalah 125 sampai dengan 130 tahun. Desa dipegunungan Himalaya, telah membuktikannya. Disana tidak ada udara yang kotor, tidak ada pabrik, tidak ada kendaraan bermotor yang mengeluarkan gas buang beracun. Mereka tidak pernah bisa makan pizza hut, mac donald dan lain lain makanan cepat saji.

Disana tidak ada super mi dan juga segala bumbu vetsin dan lain sebagainya. Lebih dari itu, disana tidak ada hiburan malam dan juga semua orang tidak ada yang merokok. Kemana-mana mereka berjalan kaki, walaupun jauh, karena memang tidak ada alat trransportasi. Olah raga sepanjang hidup ! Kehidupan, benar-benar alamiah, jadi dengan demikian orang disana berumur panjang.

Kesimpulannya adalah umur biologis manusia adalah rata-rata dapat mencapai 120 tahun, akan tetapi umur biologis manusia yang tinggal dikota-kota besar secara drastis menurun sampai lebih kurang hanya 60 sampai dengan 80 tahun saja. Jadi sebenarnya, manusia di kota-kota besar, dengan umur kalender sekitar 60 sampai dengan 80 tahun itu sama dengan umur biologis manusia seusia 120 tahun. Manusia telah memperpendek umurnya sendiri. Itulah yang terjadi. Untuk mengetahui lebih awal tentang tanda-tanda bahwa usia anda tengah menjelang usia biologis 120 tahun, walaupun usia kalender anda baru 40 atau 45 tahun saja, cermatilah 10 tanda ketuaan berikut ini :

  1. Gigi yang berubah warna – ini disebabkan terlalu banyak minum kopi dan atau merokok.
  2. Terjadi keretakan disudut mulut – akibat kekurangan vitamin B.
  3. Gusi berdarah – sering sakit gigi dan rapuh – dianjurkan untuk minum vitamin C.
  4. Rambut memutih dan kering – minumlah vitamin B
  5. Kulit mengeriput – bantu dengan vitamin C, K dan bioflavinoids.
  6. Kuku mulai melepas dan retak – tambah kalsium, zinc, protein dan fatty acid.
  7. Detak jantung iramanya berubah – kurangi kafein.
  8. Lidah pucat – tanda kekurangan darah.
  9. Sering kembung dan gatal.
  10. Sering lupa – minum gingko dan phospatidylserine.

Itulah, 10 tanda ketuaan, namun yang penting, bila sudah sangat menganggu, segera hubungi dokter untuk dapat mengurangi gangguan tersebut.

Lebih penting lagi, karena sugesti lebih dominan dalam menjalani hidup yang sehat, maka sekali lagi dianjurkan : “Learn to Relax and Enjoy Life !” simply, because Life is too short .

Caranya, antara lain adalah dengan selalu bersukur atas nikmat Allah dan taat beribadah, serta senantiasa berupaya berpikir positif. Jangan bebani diri anda dengan “marah”, “iri hati”, “dendam” dan fikiran negatif lainnya.

(dikutip dari beberapa sumber).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Check Also
Close
Back to top button