ArticleDefense and SecurityFlight

Sedikit tentang Vampire !

Vampire adalah nama pesawat yang cukup terkenal di circa 1950-an. Cukup banyak negara di muka bumi ini yang menggunakannya, baik untuk Angkatan Udara maupun Angkatan Laut nya. Indonesia adalah salah satu dari banyak negara yang menerbangkan Vampire di masa itu.

Pesawat ini dikenal dengan nama de Havilland DH.100 Vampire. Pesawat tempur Vampire merupakan produk dari pabrik pesawat terbang Kerajaan Inggris dibawah bendera “de Havilland English Electric”. Terbang pertama kali pada 20 September 1943, merupakan jenis pesawat jet tempur kedua yang masuk dalam jajaran Angkatan Udara Inggris saat persiapan perang dunia kedua.

Pernah dibuat cukup banyak yaitu lebih kurang 3300 buah pesawat. Pesawat ini didisain untuk bertugas sebagai ground attack fighter bomber. Angkatan Udara Inggris RAF, menggunakannya di skdaron tempur sampai tahun 1955 dan hingga tahun 1966 digunakan sebagai pesawat latih.

Selain digunakan dalam skadron operasi di Angkatan Udara dan Angkatan Laut Inggris , Vampire juga digunakan banyak Negara antara lain Mesir, Swedia, Australia, Selandia Baru, Rhodesia , India, Indonesia, Burma dan Norwegia.

Bentuknya yang cantik membuat Vampire sangat mudah dilihat dari kejauhan, juga dikarenakan bentuk luarnya yang unik yaitu ekornya yang berujung dua (twin boom) seperti yang terdapat dipesawat buatan Amerika P-38. Bentuk yang unik ini menyebabkan Vampire, aslinya bernama “spider crab”.

Dengan bentuknya yang unik itu, Vampire telah mencatatkan dirinya dalam sejarah penerbangan sebagai pesawat Jet pertama didunia yang dapat mencapai kecepatan lebih dari 800 kilometer per jam. Royal Air Force, RAF juga mencatat , Vampire sebagai pesawat Full Jet pertama yang dapat melakukan take off dan landing di kapal induk, di bulan Desember tahun 1945.

Tidak itu saja, sebanyak enam buah Vampire, merupakan pesawat terbang Jet pertama yang melintas Samudra atlantik, dari Skotlandia menuju Montreal di Kanada dalam misi Statik dan Aerobatic Show di Kanada dan Amerika Serikat, di bulan Juli tahun 1948.

Jakarta 7 September 2011,

dikutip dari berbagai sumber.

Chappy Hakim

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Check Also

Close