Pernah dengar nama Alan Greenspan? Dia adalah seorang keturunan Yahudi Romania yang lahir pada tahun 1926 di bilangan New York City dari seorang ayah yang bertatus sebagai broker dan analis . Nama dia dikenal seantero jagad terutama mereka yang berkecimpung di bidang keuangan yaitu pada saat menjabat sebagai Chairman of Federal Reserve (Bank Sentral) of the United States, sejak 1987 hingga tahun 2006. Di Amerika Serikat kedudukan tersebut adalah menjadi wewenang seorang Presiden Amerika Serikat untuk menunjuknya. Alan Greenspan pertama kali ditunjuk oleh Presiden Ronald Reagan. Dia bekerja dibawah 4 Presiden, mulai dari Ronald Reagan, George H.W Bush, Bill Clinton dan George W Bush. Jabatan terlama sebagai chairman federal reserve setelah Wiliam Mc Chesney Martin. Kini dalam usia yang telah mencapai 91 tahun, ia masih aktif sebagai “private adviser” dan juga tetap mengembangkan hobi bermain saxophone dan clarinet alat tiup yang fashionable. Teman bermain Band nya antara lain adalah Richard Nixon. Alan Greenspan bersekolah di George Washington High School tahun 1940 yang lulusannya banyak menjadi tokoh terkemuka di Amerika Serikat.

Baca juga : Mengapa Orang Yahudi sangat powerfull dan Mengapa orang yahudi banyak yang pintar

Yang sangat istimewa dari kepemimpinan Alan Greenspan sepanjang menduduki jabatan sebagai Gubernur Bank Sentral Amerika adalah kewibawaannya yang kharismatik. Itu sebab 4 Presiden Amerika Serikat memberi kepercayaan kepadanya untuk menduduki jabatan dalam posisi yang amat strategis. Kewibawaan dari Alan Greenspan digambarkan oleh beberapa pihak sebagai “bahkan batuk nya pun, Alan Greenspan dapat menggoyang harga saham di pasar bursa”. Sebuah ungkapan dari betapa besar pengaruh seorang Gubernur Bank Sentral Amerika yang bernama Alan Greenspan. Tentu saja kesemua itu adalah hasil dari bagaimana performa nya yang mampu tampil di hadapan publik terutama di media. Begitu populernya seorang Greenspan, membuat beberapa media menyamakannya dengan posisi seorang “Rock Star”. Namun harus pula dapat dimaklumi tentang bagaimana dominannya peran Amerika Serikat dalam kancah ekonomi global yang pada dasarnya memang bersandar kepada peran penting seorang Gubernur Bank Sentralnya yang populer disebut sebagai “The Fed”.

Sekarang ini yang sedang duduk sebagai Chairman dari The Federal Reserve of the United States , tentu saja orang yang ditunjuk oleh Presiden Donald Trump adalah Janet Yellen. Dia adalah seorang ekonom tulen yang memang sudah duduk pada posisi itu yang ditunjuk oleh Presiden Obama sejak Februari di tahun 2014. Dia juga keturunan Yahudi yang lahir di New York tahun 1946.

Janet Yellen meraih Ph.D, Gelar Doktor bidang ekonomi dari Yale University pada tahun 1971. Yang sangat menarik dari Janet adalah pernyataannya yang baru-baru ini dilontarkannya di London, bahwa dia tidak percaya akan terjadi lagi krisis ekonomi selama dia masih hidup. Sebuah pernyataan dari seorang yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan ekonomi dunia dan itu menggambarkan betapa, minimal dia sangat menguasai demikian banyak data penting tentang semua hal yang akan berpengaruh terhadap perkembangan ekonomi global, termasuk perkembangan ekonomi Indonesia tentunya.