ArticleLifeMemoriesPeople

Polisi dan Pemimpin !

Disatu momen akhir dari film tentang Polisi yang sangat terkenal berjudul “Serpico”,  Sang Polisi teladan yang tertembak oleh bandit, dalam perjalanan di atas tandu menuju ruang operasi/bedah, berkata kepada Yunior nya, (yang mengiringinya disamping) : ” Ingat ! Sebagai Polisi, engkau bertugas dengan baik saja, banyak orang yang memusuhimu, apalagi bila engkau berbuat salah !”

Nah , itulah nasibnya sang Polisi.   Namun almarhum Pak Hoegeng, selalu mengingatkan kepada siapa saja, bahwa untuk satu kebenaran, jangan pernah kamu takut kepada siapapun !

Apabila kedua ucapan diatas kita renungkan sejenak saja, maka gonjang ganjing yang tengah melanda bangsa kita saat ini, adalah sangat berkait dengan dua kalimat tersebut.   Apakah ada Polisi yang tengah melakukan kesalahan dan apakah ada yang tengah tidak berani menghadapi kebenaran?

Ada yang mengatakan kepada saya, bahwa apa yang tengah terjadi saat ini adalah sesuatu yang sangat biasa di negara manapun.   Bahkan di Amerika sekalipun, kita pernah mendengar banyak skandal, mulai dari watergate sampai dengan  skandal Bill Clinton.   Di China, India, Inggris dan banyak lagi skandal sejenis dan atau skandal yang satu species dengan peristiwa Polisi versus KPK dan Kasus Bank Century, adalah satu hal yang selalu saja akan muncul.

Masalahnya adalah “How You Manage It” ?   Disinilah peran seorang Manager atau pimpinan yang harus dibekali dengan “leadership”.   Disinilah kemudian kita akan mengatakan bahwa dinegara-negara seperti Indonesia ini, dibutuhkan seseorang dengan “strong leadership”.

Pada saat biasa-biasa saja, siapapun yang memimpin, tidak akan ada masalah.   Namun begitu muncul masalah seperti sekarang ini, maka hanya seorang strong leader saja yang dapat mengatasinya dengan “cepat” dan “tepat” !

Nah itulah, walaupun di negara ini sudah ada Polisinya, akan tetapi masih belum cukup, bila tidak ada pemimpinnya yang “strong”!

Tags

Related Articles

2 thoughts on “Polisi dan Pemimpin !”

  1. lebih cepat dan tepat kiranya bila kita menjadi polisi bagi Diri Sendiri… dengan selalu menanyakan kepada Diri Sendiri, “Apa yang kau cari setelah kematian ?” Setiap orang menjadi polisi dan pemimpin bagi Dirinya Sendiri…. tidak menjadi soal benar atau salah tindakan kita di mata orang lain…
    Terima kasih Pak Chappy…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.