ArticleFlight

Melihat Vampire !

Di kala masih menempuh sekolah di Sekolah Rakyat/SR, sekarang bernama Sekolah Dasar/ SD, anak-anak sering sekali dapat menyaksikan pesawat terbang yang terbang tinggi di atas langit Jakarta.

Pesawat terbang yang terbang tinggi itu kelihatan kecil sekali,namun sangat menarik perhatian. Menjadi menarik untuk dilihat karena selain pesawat terbang tersebut terlihat kecil, akan tetapi juga pesawat tersebut meninggalkan ekor putih yang memanjang mengikuti arah pesawat.

Sebenarnya asap putih yang keluar dari pesawat terbang itulah yang menjadikannya sangat menarik perhatian. Terkadang satu dan kerap ada dua dan atau tiga pesawat bergerak di langit di atas Jakarta.

Puluhan tahun setelah itu saya baru mengerti bahwa pesawat tersebut adalah pesawat Angkatan Udara Republik Indonesia dari jenis Vampire buatan Inggris yang terbang tinggi di atas Jakarta.

Demikian pula dengan asap yang dikeluarkan oleh pesawat tersebut yang ternyata adalah apa yang dikenal dengan sebutan “contrails”. Contrails merupakan singkatan dari condensation dan trails. Maksudnya adalah asap putih yang keluar dari pesawat terbang tersebut sebagai akibat dari proses kondensasi di udara dan kemudian terlihat seperti ekor atau trail dari pesawat tersebut.

Kini memang agak sulit untuk bisa menyaksikan contrails, kecuali pada beberapa kesempatan saja, dan itupun bukan berasal dari pesawat militer atau pesawat angkatan udara. Sejujurnya, pemandangan seperti ini sangat menggugah keingintahuan anak-anak dan bahkan dapat merangsang mereka untuk bercita-cita menjadi Pilot !

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Check Also

Close