counter create hit
ArticleAviationBooksEducationOpinion

Literasi Akhir Pekan

Penerbit Buku Kompas (PBK) bersama Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI akan menggelar acara bertajuk “Literasi Akhir Pekan” pada Sabtu, 17 Desember 2022.  Acara ini berisi temu (gathering) para penulis dan editor dari Komunitas Penulis dan Editor Penerbit Buku Kompas (KP-PBK), serta pegiat literasi, peluncuran (launching) buku, dan pertunjukan seni musik (live music).

Setelah sekitar tiga tahun acara gathering KP-PBK, yang biasa dikenal sebagai acara “Kamisan”, terhenti akibat pandemi, pertemuan tatap muka penulis dan editor KP-PBK dan pegiat literasi lainnya akan segera diselenggarakan kembali.  Kali ini, gathering diselenggarakan PBK bekerja sama dengan Perpusnas RI. Selain anggota KP-PBK, acara ini juga mengundang para pecinta dan pegiat literasi, yang peduli pada kemajuan peradaban bangsa dan meningkatkan kecerdasan literasi tunas-tunas generasi penerus Indonesia di masa depan.

Selain pertemuan ramah-tamah penulis dan editor KP-PBK serta pecinta dan pegiat literasi, digelar pula peluncuran buku karya Marsekal TNI (Purn.) Chappy Hakim. Sebanyak lima buku akan diluncurkan pada Sabtu, 17 Desember 2022 di Auditorium Perpusnas RI Jakarta, yang digelar pada pukul 10.00-13.00 WIB.

Tiga buku tulisan Chappy Hakim, masing masing terdiri dari Warna-Warni PurnabaktiKekuatan Dirgantara, dan Defence & Aviation Jilid 4. Buku pertama, Warna-Warni Purnabakti, merupakan dokumentasi visual (foto) kegiatan Chappy Hakim sejak memasuki masa purnawira sebagai pemegang pucuk pimpinan tertinggi di TNI-AU. Chappy adalah Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) pada periode 2002-2005. Sebenarnya, buku ini adalah visualisasi bukunya yang bertajuk Retired but Not Expired (PBK, 2021).

Sementara itu, buku kedua, Kekuatan Dirgantara, berisi tulisan-tulisan bernuansa populer mengenai pengenalan berbagai hal terkait kedirgantaraan yang menjadi keahlian Chappy. Kajian ini terkait erat dengan bidang pertahanan dan keamanan negara, sebagai hasil refleksi panjang perjalanan kariernya di dunia militer matra udara.

Buku ketiga, Defence & Aviation (Jilid 4), merupakan lanjutan serial buku yang berisi kumpulan artikel Chappy Hakim dalam rubrik “Kolom” di Kompas.com sepanjang tahun 2022. Chappy memang rajin menulis opini di Kompas.com untuk menanggapi isu-isu mutakhir terkait kedirgantaraan. Selama empat tahun terakhir, sejak tahun 2019, kumpulan artikel Chappy tersebut telah terbit sebagai buku setiap tahun di PBK, yaitu Defence & Aviation Jilid 1 (2019), Jilid 2 (2020), Jilid 3 (2021), dan Jilid 4 (2022).

Selain tiga buku tersebut, PBK juga meluncurkan buku Apa Kata 75 Orang tentang Chappy Hakim, yang disusun oleh Rachmat Kartakusuma dan Ahmad Fauzi Cahyanto. Buku ini berisi tuturan 75 orang tentang Chappy Hakim yang pada 17 Desember 2022 merayakan ulang tahun ke-75, sebagai kado bagi seorang penulis kedirgantaraan yang secara konsisten memopulerkan tema “Bapak Angkasa” dalam konteks kecintaan pada “Tanah, Air, Udara Indonesia”.

Dua penulis muda ini merupakan alumni Akademi Penerbang Indonesia (API) Banyuwangi, Jawa Timur, yang dikenal sebagai “Sekolah Pilot Banyuwangi”, sebuah sekolah tinggi kedinasan di bawah Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI. Mereka sebenarnya belum memperoleh pekerjaan sebagai pilot akibat munculnya wabah pandemi Covid-19 dan memutuskan untuk “nyantrik” kepada Chappy supaya bisa belajar menulis. “Ide mendorong dua anak muda untuk menulis ini adalah dalam kerangka writer create writer. Seperti halnya dalam leadership, dikenal istilah leader create leader, maka di dunia tulis-menulis perlu pula dikembangkan konsep writer create writer,” ungkap Chappy.

Buku kelima yang diluncurkan dalam kesempatan yang sama adalah buku Retired but Not Expired versi Bahasa Inggris yang diterjemahkan oleh Marsekal Pertama Purn Prayitno.   

Pada acara tersebut akan dimeriahkan  pula dengan  suguhan istimewa live music Band The Playsets besutan Chappy Hakim.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Check Also
Close
Back to top button