MemoriesMusicPeople

Harry Belafonte

harry_belafonte-die_grossen
Album Harry Belafonte

Harry Belafonte penyanyi beken yang antara lain  tenar dengan lagunya Jamaica Farewell, bernama asli Harold George Belafonte,Jr. seperti tercantum dalam akte kelahirannya.   Dia dilahirkan di Lying-in Hospital, New York City, New York.   Harry Belafonte adalah anak dari Melvine, seorang pelayan yang suaminya adalah Harold George Belafonte Sr, seorang Jamaica yang bekerja sebagai tukang masak di Angkatan Laut Inggris.

Lahir pada tanggal 1 Maret 1927, dan sejak tahun 1935 sampai dengan tahun 1940, dia tinggal bersama neneknya di kampung “Aboukir” , tanah airnya, Jamaica.

Kembalil ke  New York City, ia bersekolah di “George Washington High School”. Selesai sekolah dia bergabung ke Angkatan Laut dan melaksanakan tugasnya pada perang dunia kedua.

Selesai penugasan di Angkatan Laut, Harry masuk ke sekolah “acting” bersama dengan beberapa aktor kenamaan antara lain, Marlon Brando, Tony Curtis, Waloter Matthau, Bea Arthur dan Sidney Poitier.   Untuk perkara akting ini, Harry pernah menerima penghargaan Tony Award, sebagai penghargaan akan sukses akting nya di pertunjukan “ John Murray Anderson’s Almanac” di Broadway.

Untuk membiayai ongkos sekolah akting nya itu, dia menyanyi  sebagai “club singer” di night club New York.   Disinilah dia memulai karir nya sebagai seorang penyanyi.   Pada kesempatan pertamakali dia muncul pada pertunjukan terbuka yang dihadiri banyak penonton,  Harry Belafonte diiringi oleh Band  “Charlie Parker:”. Pada awalnya, dia dikenal sebagai pelantun lagu-lagu pop, yang ditandai dengan album pertamanya dengan label “Roost” di tahun 1949.

Selanjutnya dia beralih untuk menyanyikan lagu-lagu rakyat atau “folk song”. Tahun 1952, dia telah menandatangani kontrak dengan perusahaan bergengsi “RCA Victor“.   Ia membukukan sukses pertamanya dalam sebuah album single “Matilda“.   Album pertamanya yang berhasil menembus angka 1 juta adalah “Calypso” di tahun 1956.   Album-album nya yang melantunkan lagu-lagu dengan irama calypso telah memberikan dia gelar sebagai “King of Calypso”.

Di Tahun 1961, Harry Belafonte mendapat kehormatan bersama dengan Frank Sinatra, untuk tampil bernyanyi dalam kesempatan “Inaugural Gala“, pelantikan Presiden Amerika paling kondang sepanjang sejarah John F. Kennedy.

Dari sekian banyak lagu-lagunya yang kesohor, antara lain Banana Boat Song dan lain-lain, terdapat satu lagu yang sangat erat mengakar dalam dirinya , karena menyangkut daerah asal ayahnya, Jamaica yang  bertajuk “Jamaica Farewell”.

Jamaica Farewell”, sebuah lagu berirama calypso menggambarkan keindahan kepulauan Hindia Barat,  kerap dikenal juga sebagai “Kingston Town“.   Syair lagu ini ditulis oleh Lord Burgess, kelahiran Brooklyn, New York tahun 1926, dari seorang ibu asal Barbados dan bapak dari Virginia.   Lagu Jamaica Farewell pertama kali dipublikasikan secara luas dengan diluncurkannya album calypso yang sukses secara fenomenal dan mencapai anak tangga lagu-lagu TOP dalam “Billboards Pop Chart

Tentang lirik lagu yang ditulis oleh Lord Burgess, sedikit mengundang kontroversi.   Banyak orang, termasuk Harry Belafonte sendiri percaya bahwa lirik lagu itu sudah ada jauh sebelum diklaim oleh Lord Burgess.   Lirik lagu itu sudah sangat populer sebagai lagu rakyat yang turun temurun di kalangan penduduk kepulauan Karibia.  Mereka mengatakan Lord Burgess hanya mengumpulkan saja lirik-lirik lagu rakyat Jamaica dan menyusunnya kembali dalam urut-urutan yang kita kenal hingga sekarang.     Harry Belafonte tercatat sebagai penyanyi yang pertama kali membawa lagu-lagu tersebut keluar kepulauan Karibia.   Beberapa penyanyi beken lainnya yang pernah membawakan lagu ini adalah antara lain : Sir Lancelot, Jimmy Buffett dan Carly Simon.

Penyanyi bersuara emas yang kini berumur 82 tahun itu dikenal pula sebagai aktivis kemanusiaan yang sangat menentang “kebijakan” politik Bush terutama terhadap Irak.   Ia sangat mendukung sikap dari Jamaicans lainnya  Jenderal  US Army  ” Colin Powell “, mantan Menteri Luar Negeri AS.

Di Indonesia, masyarakat luas mengenal lagu ini sebagai lagu yang sering juga dibawakan oleh  “Mas Jos”“Irama” di tahun 1960-an. dalam beberapa kesempatan di Televisi puluhan tahun yang lalu. the singging Commodore, Perwira Tinggi Angkatan Udara  berbintang satu yang terjun dalam bisnis musik, setelah pensiun dan antara lain sebagai pemilik perusahaan rekaman terkenal

Penyanyi yang kadang juga membawakan lagu ini di televisi adalah “Bob Tutupoli”.

Ingin mendengarkan lagu nya ?

Tanggal 15 Mei 2009 nanti, menurut rencana, lagu ini juga akan dikumandangkan dalam salah satu pagelaran musik “nostalgia” di TVRI dengan iringan band “Grasshoper“.   Kabarnya Moteh Mokoginta, pimpinan “Grasshoper” masih mencari penyanyi yang cocok untuk melantunkan lagu ini, agar tidak mengecewakan penonton penggemar lagu-lagu nostalgia TVRI jumat malam.   Apakah spirit dari Harry Belafonte akan kembali mengunjungi penggemarnya , nantikan saja di tanggal 15 Mei nanti di TVRI.

Have a nice week end “every body” !

Inilah lirik lagu itu :

JAMAICA FAREWELL
Down the way where the nights are gay
And the sun shines daily on the mountain top
I took a trip on a sailing ship
And when I reached Jamaica
I made a stop

But I’m sad to say, I’m on my way
Won’t be back for many a day
My heart is down my head is turning around
I had to leave a little girl in Kingston town
Down at the market you can hear
Ladies cry out while on their heads they bear
‘Akey rice, salt fish are nice
And the rum is fine any time of year

But I’m sad to say, I’m on my way
Won’t be back for many a day
My heart is down my head is turning around
I had to leave a little girl in Kingston town

Sounds of laughter everywhere
And the dancing girls swaying to and fro
I must declare my heart is there
Though I’ve been from Maine to Mexico
But I’m sad to say, I’m on my way
Won’t be back for many a day
My heart is down my head is turning around
I had to leave a little girl in Kingston town

Down the way where the nights are gay
and the sun shines daily on the mountain top
I took a trip on a sailing ship
And when I reached Jamaica
I made a stop

But I’m sad to say I’m on my way
Won’t be back for many a day
My heart is down my head is turning around
I had to leave a little girl in Kingston town

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.