Pagi hari ini, selasa tanggal 16 Januari 2018 lebih kurang pukul 9 waktu Manila, bersamaan dengan jam 8 WIB saya berjumpa dengan Presiden Philippina ke 12 yang memerintah sejak tahun 1992 hingga 1998. Sang Presiden yang populer dipanggil Eddie atau FVR adalah seorang Jenderal lulusan West Point, United States Military Academy tahun 1950.

Pagi itu ia mengenakan rompi warna biru muda dengan sulaman huruf berwarna hitam pekat , tertulis “Eddie” dan tepat dibawahnya tiga huruf bertengger “FVR”. Dia memperkenalkan dirinya sebagai “young veteran” of the Philippnes dengan usia yang mencapai 90 tahun 18 Maret yang akan datang.

Fidel Ramos adalah orang yang hangat, penuh persahabatan dengan sorot mata yang sangat tajam tetapi dengan air muka yang sangat rendah hati serta bersahabat. Dengan penuh kebanggaan, ia berulang-ulang mengemukakan bahwa dirinya adalah seorang Veteran Muda Philippina.

Fidel Ramos

Dengan penuh semangat pula dia mengajak para anggota Retired Senior Military Generals of ASEAN yang menghadapnya untuk terus menerus memelihara dan bersemangat tinggi dalam mempropagandakan “Global Peace”.

Ramos sendiri sampai dengan hari ini masih menjadi Chairman dari RPDEV, Ramos Peace and Development Foundation, Inc. dengan tag-line nya yang selalu didengang-dengungkan “Caring – Sharing – Daring”. Fidel Ramos masih aktif sebagai Chairman, Co-Chairman, Senior Advisor, Global Advisor, Eminent Person, Honorary Director pada berbagai institusi dan lembaga masyarakat yang tersebar tidak hanya di Philippina akan tetapi juga di seluruh dunia.

Berbincang dengan Fidel Ramos ternyata bukan hanya banyak nasihat yang disampaikan, akan tetapi juga banyak humor yang diceritakannya. Sejatinya , memang Fidel Ramos adalah orang yang periang dan senang bergaul. Ia banyak menulis buku dan secara khusus (karena ia tahu saya banyak menulils buku) ia memberikan salah satu bukunya kepada saya dengan tulisan tangan serta tanda tangan pada halaman depan, bukunya yang merupakan volume ke 12.

Presiden Philippina yang ke 12 ini, ternyata juga aktif di United Nation 2030: Global Goals for Sustainable Development, yang salah satu sasarannya adalah : “Reduce Inequality within and among Countries”.

Orang Philippina pada umumnya sangat menghormati beliau sebagai salah satu Pahlawan Republik Philippina. Dalam perjuangannya untuk perdamaian dunia, dia masih ditugaskan oleh Pemerintah Philippina sebagai “Special Envoy to the People’s Republic of China.

Yang menarik pula adalah, Fidel Ramos aktif dalam berbagai kegiatan promosi kesehatan keluarga antara lain dengan turut menyelenggarakan Diabetes Awareness Week pada tahun lalu.

Itulah Sang Presiden FVR atau Eddie yang dalam usia menjelang 90 tahun masih penuh semangat, berjalan gagah tanpa tongkat dan dengan penuh kebanggaan, selalu hadir dalam berbagai pertemuan dengan Rompi Biru Muda bertuliskan Eddie !

Bravo Fidel Ramos, Mabuhay Ang Philippino !

Manilan 16 Januari 2018

Chappy Hakim