counter create hit
ArticleEducationHealthLife

Bagaimana kalau kita mandi?

KAJIAN terbaru berkaitan dengan mandi ternyata bukan saja bertujuan untuk membersihkan diri dari kotoran, tetapi dapat menjauhkan stress serta berperanan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Penyelidikan yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine menunjukkan penderita diabetes yang menghabiskan waktu selama setengah jam berendam dalam air suam suam kuku dapat menurunkan tingkat gula darah sekitar 13 persen.

Kajian di Jepang menunjukkan 10 menit berendam dalam air panas dapat memperbaiki kesehatan jantung terutama untuk lelaki.

Berikut beberapa manfaat mandi :

Mengeluarkan racun:

Mandi air panas sekitar 32 hingga 35 derajat Celsius membuka ruang yang dapat membantu mengeluarkan toksin.

Mandi air panas membantu menurunkan tingkat gula darah, menyembuhkan sakit otot dan membantu menjaga usus besar supaya bekerja dengan baik. Waktu yang dianjurkan ialah selama 10 hingga 20 menit.

Mandi air sejuk

Mandi air yang dingin, sangat baik untuk meredakan ketegangan. Ia dapat menyempitkan darah dan meningkatkan tingkat gula darah. Suhu yang dianjurkan ialah sekitar 12 hingga 18 derajat Celsius.

Jaringan kulit :

Penyakit kulit tertentu seperti ruam atau gatal-gatal dapat diatasi dengan menambahkan soda penaik (sodium bicarbonate) ke dalam air mandi. Ia bertindak sebagai antiseptik. Isikan air ke bak mandi dan tambahkan soda penaik dan aduk sehingga rata.   Disarankan untuk berendam selama 10 hingga 20 menit.

Flu dan sakit kepala :

Merendam kaki dalam air panas membantu menyembuhkan selesma, sakit kepala dan menyegarkan kembali kaki yang lelah.

Masukkan air panas secukupnya dalam bak sehingga menenggelamkan pergelangan kaki kemudian tambahkan beberapa tetes  minyak seperti lavender, peppermint atau lemon. Sesudah itu di basuh dengan air sejuk.   Lakukan
 selama lebih kurang 10 hingga 20 menit.

Insomnia :

Merendamkan kaki dalam air dingin sangat baik bagi anda. Terutama anda yang mempunyai masalah imsonia atau memiliki masalah susah tidur.

Masukkan kaki sampaimerasa dingin.Terapi ini berguna bagi kaki lelah,pendarahan hidung, selesma dan sembelit.

Selamat Mandi !

Related Articles

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button