Reflection

Santapan Rohani di Jumat Pagi

Assalammualaikum Wr.Wb.

Pagi ini Hari Jumat 24 April, memenuhi permintaan beberapa teman, berikut ini saya turunkan tulisan berupa santapan rohani di Jumat pagi.

Setelah beberapa lama menulis di bloga, saya merasa berbahagia.   Berbahagia karena dengan menulis di blog, ternyata memperoleh kenikmatan tersendiri.   Berbagi sedikit pengetahuan, kemudian bertambah pengetahuan.

Bertambah pengetahuan karena banyak yang merespon tulisan kita dan atau turut membaca tulisan-tulisan yang menarik yang hadir di blog ini.   Komentar yang muncul, menunjukkan warnanya tersendiri.   Ada yang memuji, dan tidak kurang pula yang mengoreksi dan bahkan menghina atau mungkin menyakitkan !   Apapun itu, kiranya apabila disikapi dengan positif, akan ada juga manfaatnya.

Saya pernah mendapatkan sedikit kutipan dari ayat suci yang mengatakan sebagai berikut :

Ada 3 hal yang bila engkau mampu melakukannya, maka sangat besar pahala nya :

  1. Silaturohmilah dengan orang yang memutuskan hubungan dengan mu.
  2. Berilah orang yang pernah  “pelit”  terhadapmu.
  3. Maafkanlah  orang yang pernah menyakitimu.

Sungguh menyejukkan hati uraian tersebut.   Maka janganlah berhenti kita menulis, walaupun terkadang banyak yang menanggapinya secara tidak adil.   Karena walau bagaimanapun, itu adalah bagian yang utuh dari proses pengkayaan pengetahuan kita.    Barangkali memang tidak mudah dan  ini memerlukan kekuatan  dalam diri kita.   Nah untuk lebih memperkuat diri kita, maka dekatkanlah dirimu kepada Yang Maha Kuasa, antara lain dengan menjalankan sholat.

Khusus untuk sholat Isya dan subuh, sangat dianjurkan untuk dilakukan di Masjid.

Rasulullah SAW bersabda :

” Seandainya mereka mengetahui pahala yang terdapat dalam Sholat  Isya dan Subuh, niscaya mereka akan mendatangi keduanya ( ke Masjid) walaupun sambil merangkak” (HR.Bukhari – Muslim)

Disamping Sholat, akan lebih baik lagi bila kita memperbanyak  shalawat.

Nabi Muhamad SAW,  bersabda : “Perbanyaklah shalawat kepadaku pada siang dan malam Jumat, Aku akan menjadi saksi dan memberi syafaat kelak pada hari  kiamat” (HR.Baihaqi)

Demikianlah, para pembaca  yang budiman, selamat menjalankan ibadah di hari Jumat ini.

Assalammualaikum Wr Wb.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.