Article

PC Aero Inc Siap Dukung Standar Penerbangan

PC - Aero
PC - Aero

Tadi malam, di Jakarta, telah dilangsungkan Resepsi perkenalan sebuah badan swasta yang bergerak dibidang jasa konsultasi bisnis penerbangan PC Aero Inc.   Didirikan oleh Prof Priyatna Abdurrasyid, Chappy Hakim dan Luki Wahjoe, badan jasa ini telah memulai kegiatannya dengan beberapa aktivitas “nirlaba” dalam membantu berbagai pihak berkait dengan upaya peningkatan keselamatan penerbangan di Indonesia.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Menteri Perhubungan Jusman Syafei Djamal, Dirjen Perhubungan Udara Herry Bakti, para pimpinan maskapai penerbangan domestik serta  beberapa perwakilan negara asing di jakarta, antara lain Kanada, Amerika Serikat, Korea, Australia dan Rusia.   Tampak hadir pula perwakilan perusahaan asing seperti Boeing, Thalles dan lain lain.

Ide dasar dari pendirian badan jasa ini adalah lebih kepada tanggung jawab moral Chappy Hakim dan Prof Priyatna Abdurrasyid, dalam meneruskan pekerjaan yang dirasa belum tuntas dalam penugasannya di tahun 2007 yang lalu dalam Timnas EKKT (Tim Nasional Evaluasi Keamanan dan Keselamatan Transportasi).   Disisi lain ide ini juga sejalan dan  berdasar kepada obssesi Luki Wahjoe yang bergerak dibidang asuransi penerbangan dalam upayanya menempatkan industri penerbangan nasional agar dapat setara dengan perusahaan sejenis ditataran global.

Salah satu media di ibukota menurunkan berita tentang hal ini dengan judul seperti diatas, sebagai berikut :
PC Aero Incorporation siap mendukung peningkatan standar keselamatan penerbangan Indonesia.
Hal ini dilakukan dengan memberikan bantuan bimbingan teknis terhadap maskapai dan pelaku penerbangan di Indonesia. “Berdirinya PC Aero ini akan membantu meningkatkan kualitas penerbangan nasional,”kata Chief Operating Officer PC Aero Inc Chappy Hakim di Jakarta kemarin. PC Aero Inc merupakan sebuah perusahaan jasa konsultasi penerbangan yang didirikan Priyatna Abdurrasyid dan Chappy Hakim, dua orang pemerhati penerbangan nasional.Keduanya berharap, PC Aero Inc dapat mengurangi terjadinya kecelakaan penerbangan di Indonesia.

Oleh sebab itu, kata Chappy, industri penerbangan di Indonesia membutuhkan peningkatan standar keselamatan.Apalagi, saat ini, industri penerbangan Indonesia masuk dalam kategori II. “Insan penerbangan nasional harus bekerja keras mengembalikan bisnis penerbangan nasional agar dapat kembali dalam kategori I,”kata dia. Selain itu, kata dia, PC Aero juga dapat melakukan audit terhadap maskapai menyangkut berbagai hal semisal pemenuhan standar keselamatan.

Dengan demikian, maskapai bersangkutan akan mengetahui hal apa yang masih kurang dan akan diberi rekomendasi berbagai solusi agar dapat bertambah baik. Direktur Teknik PC Aero Inc Edwin Soedarmo mengatakan,saat ini PC Aero Inc merupakan satusatunya perusahaan yang bergerak di bidang jasa konsultasi bisnis penerbangan. Dia menjelaskan, perusahaannya juga dapat memberikan jasa konsultasi bagi setiap investor yang ingin menanamkan investasi di sektor penerbangan.Menurutnya, PC Aero Inc memiliki koneksi yang luas di industri penerbangan nasional dan mempunyai tenaga ahli yang memadai.

“Dengan modal itu kita akan dapat memberikan layanan yang terbaik,”ujarnya. Beberapa proyek yang saat ini tengah dikerjakan PC Aero Inc antara lain, evaluasi atas standar keselamatan penerbangan nasional untuk maskapai domestik.Kemudian,melakukan evaluasi atas berbagai temuan International Civil Aviation Organization (ICAO) serta memberikan rekomendasi kepada otoritas penerbangan sipil nasional dalam rangka pencabutan pelarangan penerbangan maskapai nasional.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Check Also

Close