ArticleCaseFlight

Negeri Autopilot ?

Belakangan ini beredar istilah Negeri Autopilot. Apa sebenarnya yang dimaksud?

Terminologi dalam dunia penerbangan, sebagaimana dunia penerbangan itu sendiri memang selalu menarik perhatian. Dunia penerbangan yang dikenal sebagai hal yang Glamour dan Luxurious telah menyebabkan semua yang berhubungan dengan penerbangan menjadi kelihatan “keren”. Termasuk didalamnya adalah , orang lalu merasa lebih “keren” bila berkomunikasi menggunakan istilah-istilah penerbangan.

Autopilot
Autopilot

Mencari padanan bahasa Indonesia dari terminologi penerbangan yang pada umumnya berbahasa Inggris itu sebenarnya tidak mudah. Keterbatasan kosa kata yang dimiliki bahasa Indonesia menyebabkan cukup sulit untuk menemukan padanan istilah atau terminologi penerbangan, apalagi yang bersifat teknis. Sekedar contoh saja bahwa “lepas landas” tidak dapat dipadankan dengan kata “take off” karena “lepas landas” sendiri sudah ada istilah lainnya yang dikenal dengan “air-borne”.

Lalu, bagaimana dengan Autopilot ! Autopilot adalah satu peralatan di pesawat terbang yang dapat membantu Pilot dalam menerbangkan pesawat. Autopilot yang biasanya bekerja dengan tenaga mekanik atau elektrik atau hidraulik atau kombinasi dari ketiganya dapat menerbangkan pesawat tanpa dikemudikan oleh sang Pilot.

Autopilot ini bila dihubungkan dengan Flight Management System, maka dia akan menerbangkan pesawat sesuai dengan Flight Plan yang sudah diprogram didalamnya. Jadi pesawat yang sedang terbang dengan Autopilot, tidak ada yang salah , justru hal tersebut dapat membantu Pilot menjadi lebih relaks dan dapat mengerjakan tugas-tugasnya dengan lebih baik karena hanya tinggal mengawasi atau mengamati dan “cross-check” pada panel instrument di kokpit. Dengan kemajuan teknologi, bahkan kini sudah ada Autopilot yang dapat menerbangkan pesawat sampai landing dengan selamat yaitu dibantu oleh peralatan yang bernama ILS, Instrument Landing System.

Jadi istilah Negeri Autopilot agak kurang jelas apa maksudnya. Bila hal itu dimaksudkan sebagai negeri yang tidak jelas tujuannya, maka istilah itu menjadi salah besar. Menjadi salah yang lebih besar lagi , bila mengatakan bahwa Autopilot itu adalah istilah Angkatan Udara, karena Autopilot adalah terminologi dalam dunia penerbangan pada umumnya.
Demikian semoga pengertian tentang Autopilot tidak menjadi rancu beredar dimana-mana.

Tags

Related Articles

2 Comments

  1. …mungkin yang dimaksud adalah negeri yang jalan sendiri, sementara pilot dan co-pilotnya entah kemana, dan entah lagi ngapain, awak kabin-nya juga pada main2 sendiri, sementara penumpangnya bingung….kalau tanpa autopilot, mungkin negeri ini sudah jatuh dari kemarin2 pak…hehe, just IMO loh…

  2. kalo autopilot mungkin masih ada tujuan nya dengan sistem yg sudah terkomputerisasi, mungkin apa lebih tepatnya negeri Stall aja yak hehehe..salam kenal dari saya Bapak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Check Also
Close
Back to top button
Close