ArticleAviationDefense and SecurityICAPSocial

Lembar Penutup Tahun 2019 Pusat Studi Air Power Indonesia

Sejak Tahun 2019 ini , tepatnya di bulan Januari 2019 Pusat Studi Air Power Indonesia (PSAPI) telah memulai kegiatannya dengan pertemuan rutin setiap bulan.   Dengan demikian, maka hingga bulan Desember 2019 PSAPI telah melakukan 12 kali pertemuan bulanan yang diisi dengan diskusi berbagai hal menyangkut  bidang kedirgantaraan.   Topik yang dibicarakan adalah tentang ide-ide yang dipikirkan untuk meningkatkan kedirgantaraan Indonesia serta pembahasan mengenai hot issue bidang penerbangan  terutama berkait dengan  pertahanan keamanan negara yang tengah berkembang belakangan ini.

Diskusi yang berlangsung dalam forum ini menjadi menarik, karena yang hadir sebagai peserta adalah mereka yang secara sukarela berkumpul bersama sebagai ujud keperdulian terhadap bidang kedirgantaraan negeri ini.   Lebih menarik lagi adalah karena para peserta terdiri tidak hanya mereka yang mewakili para praktisi kedirgantaraan akan tetapi juga mereka dengan belatar belakang sebagai akademisi dan atau ilmuwan.

Para Praktisi diwakili oleh mereka yang masih aktif maupun yang sudah memasuki masa pensiun atau purnatugas.   Diantara para praktisi itu datang dari berbagai profesi antara lain Pilot, Teknisi, Air Traffic Controller dan juga jajaran “Aviation Management”.

Sedangkan mereka yang berasal dari para Akademisi dan ilmuwan, umumnya adalah para Guru Besar bidang Hukum Internasional dan Hukum Udara dan Antariksa, serta beberapa peneliti dari berbagai ilmu di bidang kedirgantaraan.

Disamping itu turut pula berpartisipasi rekan-rekan mass media yang bergiat di bidang kedirgantaraan.   Pada prinsipnya memang sedari mula wadah PSAPI ini terbuka bagi siapa saja yang menaruh minat terhadap perkembangan kedirgantaraan.

Sejauh ini seluruh diskusi yang berlangsung bergulir sangat konstruktif, karena selain para peserta adalah mereka yang terdiri dari kaum terpelajar dan berprestasi dibidangnya masing-masing, akan tetapi juga sebagai peserta mereka adalah para individu yang memiliki interes yang sama yaitu ingin melihat Indonesia dapat menjadi lebih maju di bidang kedirgantaraan.

Mekanisme diskusi sendiri terbangun dengan semangat  “berbagi” yang disadari benar dari perbedaan latar belakang pengetahuan yang dikuasai dan pengalaman panjang masing-masing peserta.   Disamping itu pada bulan Desember 2019, PSAPI telah berhasil pula menyelesaikan sebuah buku yang berisi tulisan-tulisan dari para peserta termasuk ulasan dalam diskusi yang berlangsung sepanjang satu tahun berjalan.   Kumpulan tulisan tersebut telah di kompilasi pada setiap 3 bulan sekali yang nantinya akan berujud sebagai buletin 3 bulanan dan pada akhir tahun akan diterbitkan  dalam bentuk buku.

Untuk sementara waktu buku yang telah dihasilkan PSAPI masih akan berujud “e-book”  yang mudah-mudahan sudah akan dapat tampil sebagai buku cetak dalam bulan Januari 2020 yang akan datang.   Minimal sudah akan dapat disiapkan dalam format Print on Demand.   Buku tersebut di beri judul Bunga Rampai Dirgantara Indonesia.

Image

PSAPI dalam perjalanannya ke depan, sangat berharap untuk dapat terus berbagi pengetahuan yang bertujuan agar dapat berkontribusi positif kepada negeri.   Impian ke masa datang, PSAPI dapat berperan sebagai wadah Think Tank bagi pemikiran bidang kedirgantaraan sebagai sebuah lahan yang relatif masih “baru” , namun berada pada posisi sangat strategis   dalam menyongsong masa depan umat manusia.

Semoga, dalam memasuki tahun baru 2020, memasuki tahun ke 2, PSAPI akan dapat lebih banyak lagi berkiprah dalam cita-citanya turut serta meningkatkan bidang kedirgantaraan Indonesia untuk Kejayaan NKRI tercinta.   Dapat lebih berperan serta dalam Menjaga Ibu Pertiwi dan Bapak Angkasa.

Nenek Moyangku Orang Pelaut, Anak Cucuku Insan Dirgantara.

Para Peserta Pusat Studi Air Power Indonesia :

1.            Agung Sarwana, Dipl. Ing,

2.            Alif Nurfakhri Muhammad,

3.            Anggia Rukmasari,

4.            Ary Nizam, Beny Adrian,

5.            Chappy Hakim,

6.            Christian Bisara, Capt.

7.            Dharmadi, Capt.

8.            Donna Chazniana Asri

9.            Dudi Sudibyo

10.       Dwi Atmanta

11.       Eris Herryanto

12.       Edna C. Pattisina

13.       Ery

14.       Fajar Adriyanto

15.       Frans Wenas, Capt.

16.       Gatot Sulistio

17.       Heru Legowo

18.       Hikmahanto Juwono, Prof. DR.

19.       Ida Bagus R. Supancana, Prof. DR.

20.       Imanuddin Razak

21.       Indra Setyawan

22.       Iwan Setiawan, Capt.

23.       John Brata, Capt.

24.       Julius Cesar Hassan, Dipl. Ing

25.       Koesnadi Kardi, DR.

26.       Makarim Wibisono, Prof. DR.

27.       Murdargo

28.       Noor Wahjudie, Capt.

29.       Novyan Samyoga

30.       Nurcholis Anshari Lubis

31.       Prita Amalia

32.       Reni Rohmawati

33.       Ridha Aditya Nugraha

34.       Romie O Bura, DR.

35.       Rubyanto Adisarwono, Capt

36.       Samudra Sukardi

37.       Shadrach M. Nababan, Capt.

38.       Sheilla Tobing, DR.

39.       Sofian Pulungan

40.       Supri Abu, DR.

41.       Soeratman

42.       Teguh Santosa

43.       Tommy Handoko Tamtomo, DR.

44.       Tony Budidjaja

45.       Turiman Sofyan

46.       Wahyuni Bahar

47.       Willem J. Pattiradjawane

48.       Yono Reksoprodjo, DR.

49.       Yudho Raharjo

Jakarta 31 Desember 2019

Selamat Tahun Baru 2020

 

 

 

Related Articles

1 thought on “Lembar Penutup Tahun 2019 Pusat Studi Air Power Indonesia”

  1. Saya salut kepada bapak-bapak yang menyempatkan diri,, meluangkan waktu untuk sharing pengalaman, pengetahuan dan ilmu dalam wadah kebersamaan yang berdasarkaj suka-rela. Semoga apa yang telah dihasilkan menjadi tmbahan bahan pemikiran bagi para pengambil keputusan.
    Semoga PSAPI terus eksis dan terus berusaha mempertajam masukan dan saran-sarannya.

    Selamat kepada Pak Chappy Hakim yang telah membentuk wadah diskusi PSAPI ini.

    Selamat Tahun Baru 2020
    Semoga Allah Swt senantiasa membimbing kita dan memberikan yang terbaik.
    Salam hormat,

    HL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Check Also

Close