Ada sebuah lagu baru, yang dinyanyikan oleh penyanyi yang juga baru terkenal yaitu Ed Sheeran. Nama lagunya adalah “Perfect”, seperti halnya dengan lagu-lagu jaman now, maka formatnya memang jauh berbeda dengan kebanyakan lagu yang biasa dinyanyikan jaman dahulu.

Struktur lagu juga menunjukkan perbedaan yang sangat mendasar. Misalnya saja lagu ditahun-tahun 1900an hingga awal menjelang tahun 2000 dapat dengan mudah dilihat bentuknya yang terdiri dari susunan syair pertama dan kedua yang diikuti dengan refrain dan berakhir dengan satu syair penutup.

Tentu saja tidak sepenuhnya standar seperti itu, akan tetapi lebih kurang maka formatnya terlihat saperti itu. Demiikian pula amplitudo atau naik turunnya nada yang dinyanyikan akan berada dalam jarak yang cukup jauh sehingga mudah membedakannya dengan nada sebuah percakapan biasa.

Dalam perkembangannya kemudian, lagu-lagu yang relatif baru sudah mulai meninggalkan format standar 2 syair diikuti refrain dan diakhiri dengan 1 syair.

Formatnya sudah menjadi sulit untuk dapat meng identifikasi mana syair dan mana refrainnya. Demikian pula dengan naik turunnya nada sudah menjadi semakin tipis jaraknya yang terdengar mirip dengan orang bercerita saja layaknya.

Dalam hal ini, walau masih berbentuk relatif sama yaitu 2 syair, kemudian refrain dan ditutup dengan 1 syair terakhir, namun lagu-lagu Ebiet G Ade sudah mulai memperlihatkan perbedaan dengan lagu-lagu sebelumnya.

Salah satunya adalah lagu lagu Ebiet G Ade sudah disebut sebagai lagu yang “bertutur”, karena memang naik turunnya nada yang digunakan sudah berbentuk seperti layaknya orang bercerita saja.

Demikianlah memang yang terjadi, maka lagu-lagu baru menemukan bentuknya yang memang jauh berbeda dengan lagu-lagu lama. Dalam format tertentu bahkan ada lagu yang memang hanya datar saja seperti orang berbicara biasa akan tetapi diberikan latar iringan musik yang menyertainya.

Misalnya saja aliran hip hop yang muncul belakangan ini. Suka atau tidak suka kelihatannya memang itulah perkembangan yang tengah terjadi. Yang sangat mencengangkan adalah khusus lagu Ed Sheeran yang berjudul “Perfect” sebuah lagu produk dipenghujung tahun 2017 kini sudah menjadi sangat populer.

Tentu saja peran media sosial menjadi unsur penting, akan tetapi sebagai sebuah lagu yang biasanya memerlukan waktu yang cukup lama untuk dapat disenangi, lagu Perfect ini memang menjadi “luar-biasa”.

Sekedar contoh saja, salah satu versi tampilan perfect dalam “YouTube” sudah maraup angka 128.838.918 views ! sebuah angka yang fantastis untuk sebuah lagu yang baru diluncurkan di bulan Oktober 2017 yang lalu. Pada versi yang dibawakan bersama dengan Andrea Bocelli, keluaran Desember 2017 sudah masuk ke angka 76 juta lebih views. Versi duet dengan Byonce sudah pula melewati angka 4 juta views.

Perfect memang telah menjadi lagu yang sangat populer pada awal tahun 2018 ini, dimana-mana banyak sekali orang terutama anak-anak muda tentu saja, yang bersenandung lagu Perfect dari Ed Sheeran ini. Selamat untuk Ed Sheeran dengan Perfect nya……Luar biasa.