Life

Tips hidup sehat

Mengisi akhir pekan kemarin saya bertemu dengan beberapa kawan lama. Bersilaturahmi sambil omong-omong ngalur ngidul mengalir begitu saja. Yang menarik adalah, karena kami semua rata-rata sudah berumur dan memiliki KTP yang sudah berlaku seumur hidup, maka titik berat pembicaraan selalu saja menuju ke masalah, bagaimana untuk bisa hidup sehat.

Teman saya menganjurkan beberapa saran yang masuk akal juga untuk dihayati. Beberapa diantaranya adalah, tentang anjuran untuk mandi pagi lebih kurang satu jam sebelum terbitnya matahari. Katanya lagi, melanjutkan , bahwa air dingin yang meresap ke badan kita akan bermanfaat untuk menguraikan kelebihan lemak yang ada ditubuh kita. Pada hal, walaupun saya kerap mandi pagi, akan tetapi selalu saja saya menggunakan air hangat. Teman saya, menambahkan, bahwa boleh dilihat, bahwa tidak ada orang yang senang mandi pagi hari dengan air dingin itu, yang badannya gemuk. Wah, gimana membuktikannya?

Teman saya yang satu lagi, memberikan advis tentang minum air setiap pagi bangun tidur sebelum perut diisi. Dia mengatakan, kebiasaan minum air lebih kurang 2 atau 3 gelas setiap pagi sebelum sarapan akan memberikan kekuatan pada tubuh kita dalam menghadapi penyakit. Dia sendiri yang melakukannya dengan rajin setiap hari, alhamdulillah badannya sehat selalu.

Ada juga yang menceritakan tentang, pada waktu sembahyang subuh, kita disunatkan untuk bertafakur, yaitu melakukan sujud setidak-tidaknya selama satu menit, setelah membaca doa. Kegiatan ini dapat mengurangi kemungkinan terserang penyakit pusing-pusing atau sakit kepala lainnya. Mengenai yang satu ini, sering juga dihubung-hubungkan dengan pelaksanaan Yoga yang antara lain kegiatannya adalah berdiri dengan kepala dibawah. Dengan demikian , diharapkan, bahwa aliran darah yang sehari-hari selalu saja mengalir kebawah mengikuti gravitasi bumi, perlu sekali-sekali diubah alirannya agar bagian-bagian tubuh yang selama itu terhalang mendapatkan aliran darah maka kali ini dapat menikmatinya.

Banyak lagi topik bahasan diakhir pekan itu. Teman yang dokter menyampaikan pula tips nya, bahwa sangat dianjurkan untuk berolahraga secara teratur, paling tidak 5 kali seminggu atau 2 hari sekali. Katanya dengan jalan kaki santai selama lebih kurang 30 sampai 40 menit sudah cukup. Disamping itu sarannya juga, jangan terlalu telat untuk beristirahat atau tidur malam hari. Paling lambat pukul 9 atau 10 malam sudah harus beristirahat.

Berkumpul dengan teman rasanya kembali lagi seperti dimasa sekolah dulu, namun kini rata-rata semua teman sudah memiliki cucu , pembicaraan pun akhirnya menjalar mengenai cucu-cucu kami semua.

Sebelum pembicaraan semakin melantur tiada arah, para ibu-ibu pun cukup tanggap untuk kemudian mengajak suami masing-masing pulang kerumah. Dengan demikian berakhir pulalah seminar tanpa topik diakhir pekan yang mendung dengan iringan sedikit hujan gerimis yang turun.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.