ArticleAviation

Joint Program Master MM-MBA in Aviation Pertama di Indonesia

Kerjasama UI dengan Coventry University UK ditandatangani di Rumah Dinas Dubes Kerajaan Inggris Raya

Untuk menjawab tantangan ke depan bagi industri penerbangan di Indonesia yang semakin lama semakin kompleks dan berkembang, CSE Aviation Consulting berhasil menginisiasi suatu kerja sama antara dua institusi Pendidikan bergengsi yaitu Universitas Indonesia dengan Coventry University UK.

Kerja sama ini berupa penyelenggaraan joint program yang akan menghasilkan para Magister Manajemen dan Magister Business Administration khusus di bidang Manajemen Aviasi. Keseluruhan kegiatan belajar mengajar disampaikan di Kampus MMUI Salemba dan keseluruhan program akan disampaikan dalam empat semester melalui kelas khusus yang diharapkan mampu mengakomodasi kebutuhan seluruh pelaku industri penerbangan baik dari regulator, kebandarudaraan, airlines, navigasi udara, MRO, manufaktur, dan industri pendukung lainnya.

Kerja sama ini telah dirintis sejak lebih kurang dua tahun lalu dan pagi tadi, pada tanggal 22 Maret 2019, telah berhasil ditandatangani sekaligus merupakan peresmian tanda dibukanya joint program untuk umum melalui penerimaan SIMAK UI di Kediaman Duta Besar Inggris Raya untuk Indonesia dan Timor Leste, H.M. Moazzam Malik.

Dari pihak Universitas Indonesia dihadiri oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prof Dr Ari Kuncoro SE, MA, serta jajaran pimpinan Magister Manajemen Universitas Indonesia. Sementara dari Coventry University hadir beberapa Guru Besar dan staf manajemen yang telah merintis pembicaraan panjang dengan pihak Universitas Indonesia.

Proses yang cukup melelahkan dan memakan waktu dengan penyetaraan modul hingga audit dari masing-masing lembaga pendidikan dan kementerian pendidikan di masing-masing negara menjadikan para lulusan program ini memiliki keuntungan khusus dengan memperoleh dua gelar, MM dari Universitas Indonesia, dan MBA in Aviation Management dari Coventry University, diharapkan juga mampu memenuhi tantangan untuk bersaing secara global.

 (gambar:  Chairman CSE Aviation  Consulting Chappy Hakim menyampaikan kata sambutan)

Penandatanganan kerja sama ini dilakukan  oleh Prof Ari Kuncoro mewakili UI dan dari Coventry University di wakili oleh  Prof. Jenni Fernando Ph.D, Associate Head of School – Commercial and Enterprise.

Dalam kata sambutannya Duta Besar Inggris menyatakan bahwa upacara penandatanganan kerjasama antara Universitas Indonesia dengan Coventry University menandai pula rentang 70 tahun hubungan Inggris dengan Indonesia yang selama ini telah memberikan banyak manfaat bagi kedua negara.   Ditambahkan oleh beliau, bahwa beberapa waktu belakangan ini tengah berlangsung pula London Book Fair di Inggris yang turut diramaikan oleh pertunjukkan budaya beberapa daerah Indonesia di sejumlah kota di Inggris.

Sebagai sarana pendidikan tinggi tingkat lanjutan Master di bidang Aviasi, maka joint program yang dibuka oleh Universitas Indonesiadengan Coventry University ini dipercaya dan diharapkan akan mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia di industri penerbangan secara menyeluruh dengan tetap selalu berorientasi pada keamanan, keselamatan dan keandalan dari seluruh personil sebagai pelaku dalam industri aviation.

Merupakan suatu kebanggaan tentunya, bagi saya pribadi dan semua yang hadir pagi hari tadi dapat menyaksikan peristiwa bersejarah yang berkontribusi secara langsung untuk masa depan industri penerbangan Indonesia.

Selamat untuk Universitas Indonesia dan Coventry University,

Selamat untuk keluarga besar pecinta Dirgantara dan Semoga Sukses!

Nenek Moyangku Orang Pelaut, anak cucuku Insan Dirgantara!

 

 

 

 

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Check Also

Close