ArticleAviationDefense and SecuritySocial

Nationalism Versus Internationalism dan Covid-19 Dalam Perspektif Hukum Udara

Pertemuan Rutin PSAPI Di Tengah Badai Covid 19

       Kemarin tanggal 8 Juli 2020 telah berlangsung Virtual Meeting(VM) PSAPI (Pusat Studi Air Power Indonesia) menggunakan sarana Zoom Meeting.  

Image

Pertemuan ini adalah merupakan VM yang kedua setelah VM yang pertama terlaksana pada tanggal 1 Juli 2020 yang baru lalu.          Tampil pada VM kali ini Prof Dr Makarim Wibisono dan Prof Dr IBR Supancana yang masing-masing mempresentasikan materi berjudul Internationalism Versus Nationalism ditengah turbulensi Pandemi Covid 19 dan  Implikasi Hukum Pandemic Covid – 19 di bidang Penerbangan.

Image

          Dua judul yang sangat menarik , dipaparkan oleh masing-masing pemapar yang memang kompeten, ahli dan berpengalaman panjang sehingga materi tersebut mengundang banyak perhatian para peserta semua.   Peserta VM kali ini mencapai angka lebih kurang 60 peserta dari dalam dan luar negeri.   Pada sesi tanya jawab cukup banyak pertanyaan yang diajukan kepada kedua pemapar selesai presentasi berlangsung.

Image

          Dari sekian banyak peserta, tercatat cukup banyak yang merupakan peserta tamu antara lain Duta Besar RI di Harare, Zimbabwe HE Dewa Made Juniarta Sastrawan yang pernah menjadi Dubes RI di Swedia dan Wakil Dubes RI di Inggris.   Turut serta pula adalah Dr. RM Aria T M Wibisono, Minister Counsellor KBRI Singapura, Prof Dr Ir Sutanto Soehodo, MEng, Dosen Universitas Indonesia,  Bambang Prihartadi  Minister Counsellor Politik KBRI Dhaka,  Fabrian Pradanaputra mahasiswa Airport Management University of North Dakota dan beberapa lainnya.

          Tanggapan dan juga pertanyaan serta tambahan informasi telah disampaikan oleh beberapa penanggap diantaranya Dubes Dewa Made dan Indra Setiawan Mantan Dirut Garuda Indonesia.   Diskusi dan Tanya jawab berakhir lebih kurang pukul 12.00 wib.   Menurut rencana pada hari Rabu depan tanggal 15 Juli akan dilangsungkan lagi VM PSAPI dengan menghadirkan beberapa pembicara lainnya.    

Jakarta 9 Juli 2020

Chappy Hakim

Pusat Studi Air Power Indonesia

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close