Media CoverageMemoriesSocial

Megawati-Hendropriyono Datang ke Peluncuran Buku Chappy Hakim

Marsekal (Purn) TNI Chappy Hakim melakukan peluncuran buku berjudul “Tanah Air dan Udaraku Indonesia” di salah satu toko buku di bilangan Matraman, Jakarta Timur, Rabu (29/7). Dalam peluncuran buku tersebut, sejumlah pejabat tinggi Indonesia tampak hadir untuk mendukung peluncuran buki tersebut.

Berdasarkan pantauan CNN Indonesia, Presiden Ke-5 Indonesia Megawati Soekarnoputri hadir didampingi oleh Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Hasto Kristiyanto. Megawati pun duduk di tempat duduk paling depan serta diapit oleh Chappy Hakim dan mantan Kepala Badan Intelijen Negara AM Hendropriyono.

Selanjutnya Ketua DPR RI Setya Novanto tampak hadir di lokasi peluncuran buku tersebut. Tak hanya sendiri, Novanto hadir bersama Ketua MPR RI Zulkifli Hasan dan Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon.

Tak hanya itu, jajaran menteri di pemerintahan Presiden Indonesia Joko Widodo pun menampakkan batang hidungnya di lokasi, mereka adalah Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Tedjo Edhy Purdijatno serta Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly.

Dalam keterangan pers yang CNN Indonesia terima, Chappy Hakim mengatakan bahwa dimensi udara di Indonesia adalah unsur paling strategis sekaligus paling lemah. Tanpa regulasi yang jelas, kedaulatan negara akan menjadi ringkih.

“Di wilayah Malaka yang merupakan kawasan perbatasan yang sangat rawan, ternyata sudah sejak 1946 wilayah udara Indonesia berada di bawah kekuasaan pihak asing,” kata Chappy dalam sambutannya.

Pengelolaan yang sangat memprihatinkan tersebut, kata Chappy, tercermin dari banyaknya permasalahan yang muncul belakangan ini. Chappy menilai semua persoalan disebabkan oleh pertumbuhan pesat jumlah penumpang jasa angkutan udara tanpa disikapi upaya memadai dalam mempersiapkan infrastruktur penerbangan yang mendukung.

Chappy Hakim merupakan Kepala Staf TNI AU menggantikan Marsekal TNI Hanafie Asnan. Ia mengawali karir penerbangan di Skadron 2 Halim Perdanakusuma (1973) dan pernah menerbangkan beberapa pesawat terbang termasuk L-47 Piper Cub, Cessna T-41 D, Mentor T-4A, Jet Trainer Aircraft L-29 Dolphine, dan C-47/ DC-3 Dakota. Chappy juga pernah ditunjuk sebagai Ketua dari Federasi Aerosport Seluruh Indonesia dan Komisioner PT Dirgantara Indonesia. (Sumber : cnnindonesia.com)

Related Articles

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close