ArticleAviationEducation

Buku Kedirgantaraan untuk Fakultas Hukum Universitas  Atma Jaya

Penyerahan buku-buku untuk Perpustakaan Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya

Siang tadi bertempat di Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya, saya menyerahkan 100 buku-buku kedirgantaraan untuk perpustakaan Fakultas Hukum Atma Jaya.  

Kebetulan sekali saya pernah memberikan kuliah umum di Universitas Atma Jaya , maka saya berkeinginan untuk turut berbagi menghibahkan buku-buku saya dengan harapan dapat digunakan sebagai tambahan referensi bacaan Universitas.  

Saya memang sudah berniat untuk membagikan buku-buku saya ke berbagai Perguruan Tinggi yang pernah mengundang saya untuk memberikan kuliah umum tentang Kedirgantaraan dan Pertahanan Keamanan Negara serta Kepemimpinan.

Respon yang sangat antusias dari pihak Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya ditunjukkan dengan tampil nya Sang Dekan dalam menerima langsung buku-buku tersebut dalam sebuah acara khusus yang sederhana.   Ibu Dekan DR. IUR. Asmin Fransiska SH.LLM yang didampingi oleh Prof DR I.B.R.Supancana SH, MH beserta jajaran staf pengajar menerima  penyerahan buku buku yang saya sumbangkan itu.   

Ibu Dekan dalam kesempatan tersebut juga telah meminta kesediaan saya untuk memberikan ceramah – kuliah umum lagi di Universitas Atma Jaya.   Tawaran ini tentu saja saya sambut baik, karena bagi saya adalah sebuah kehormatan untuk bisa berbagi dengan para mahasiswa generasi muda bangsa penerus kejayaan NKRI. 

 Saya jelaskan pula bahwa dari 16 judul buku yang berjumlah 100 tersebut, pada umumnya adalah berisi tentang masalah-masalah Defence dan Aviation serta beberapa diantaranya mengenai leadership, motivasi dan wawasan kebangsaan.  

Pada umumnya buku yang saya tulis tersebut adalah merupakan kumpulan artikel yang pernah dimuat dibeberapa media main stream dan juga media social.   Dari 16 judul yang saya serahkan 1 judul diantaranya adalah buku yang saya tulis bersama dengan Kolonel Pnb.Purn Dr. Supri Abu SH, MH tentang penegakan kedaulatan negara di udara.   Satu judul lainnya merupakan tulisan Imelda Bachtiar dalam rangka merayakan ulang tahun saya yang ke 70, tiga tahun yang lalu.  

Satu buku lagi adalah tulisan dari Ayah saya berjudul “Dari Pulau Bunga ke Pulau Dewa”.   Buku yang ditulis oleh ayah saya ketika mengikuti perjalanan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mr. Mohamad Yamin dari pulau Flores ke pulau Bali lebih dari setengah abad yang lalu.   Ketika itu Mr Yamin diperintahkan oleh Presiden Sukarno untuk mengangkat kepulauan Nusa Tenggara menjadi daerah atau kawasan unggulan pariwisata internasional dengan memanfaatkan kepopuleran pulau Bali.   Diluar dari ketiga buku tersebut adalah murni tulisan saya sendiri yang merupakan bagian dari lebih kurang tiga puluhan buku yang sudah saya tulis.

Tidak ada maksud apapun dari penyerahan buku-buku tersebut selain dari upaya untuk turut serta mengajak generasi muda, dalam hal ini para mahasiswa untuk meningkatkan minat menulis dan juga minat dirgantara.

Dalam kesempatan itu pula , saya sangat berterimakasih karena telah memperoleh sebuah buku karya mutakhir dari Prof. Dr. Ida Bagus Supancana berjudul “Konsep-konsep Dasar Hukum Internasional dan Hukum Antariksa Internasional” .   Prof.Dr.  Ida Bagus Supancana adalah tempat saya belajar banyak tentang hukum Udara dan Antariksa, selain dari Prof.Dr. Priyatna Abdurrasjid almarhum.   Keduanya adalah Mahaguru yang sangat saya hormati dan kagumi terutama dalam pemikiran dan kiprahnya mengabdikan ilmu kepada bangsa dan negara Indonesia.

Sekali lagi, terimakasih banyak kepada Pak Supancana yang telah memfasilitasi penyerahan buku saya ke Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya siang hari tadi, semoga bermanfaat bagi proses belajar mengajar di Universitas.

Jakarta 22 Juli 2020

Chappy Hakim
Pusat Studi Air Power Indonesia  

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close